Contact us: 123-444-5555

Conveyor dan Jenis-Jenisnya

Apa dan Mengapa 

Kalau sobat pernah jalan-jalan ke pabrik atau menonton film dengan setting lokasi pabrik, maka pasti sobat akan melihat benda-benda yang berjalan secara otomatis di atas meja panjang. Nah meja panjang yang membuat benda-benda tersebut berjalan di atasnya biasa disebut dengan conveyor (baca: konveyor). Barang yang dipindahkan oleh conveyor dapat berupa muatan satuan (unit load) maupun muatan curah (bulk load). Conveyor itu sendiri digunakan karena biaya pengangkutannya relatif lebih murah jika dibandingkan menggunakan truk atau traktor.



Jenis-jenis conveyor
1.       Chute Conveyor
Chute Conveyor adalah contoh sederhana dari pengoprasian conveyor dengan memanfaatkan gravitasi. Unit hanya meluncur ke bawah conveyor yang lurus adalah contoh sederhana dari conveyor ini. Chute  Conveyor merupakan salah satu metode yang paling murah untuk menyampaikan materi. Ini adalah contoh paling sederhana gravitasi yang dioperasikan conveyor.
Kelebihannya dapat digunakan untuk memberikan akumulasi di daerah pengiriman, parasut spiral dapat digunakan untuk menyampaikan item antara lantai dengan jumlah minimum ruang yang dibutuhkan. Meskipun chute conveyor ekonomis, kelemahan utama chute conveyor adalah keterbatasan kontrol atas barang-barang yang disampaikan. Paket-paket mungkin cenderung bergeser dan berubah sehingga kemacetan dan penyumbatan terjadi.

sumber gambar (link)

Pada gambar tersebut tampak Chute Conveyor yang digunakan terdiri dari lembaran logam berat dikonfigurasi untuk memungkinkan produk yang akan segera dipindahkan oleh gravitasi dari conveyor overhead ke daerah akumulasi. Ini merupakan metode yang tidak mahal untuk menyampaikan produk dengan berbagai ukuran.

2.       Wheel Conveyor
Conveyor ini menggunakan serangkaian roda terpasang pada poros (axle dan), dimana jarak roda tergantung pada beban yang diangkut.
sumber gambar (link)




3.       Roller Conveyor
Adalah conveyor yang menggunakan roller-roller untuk memindahkan bahan baik itu digerakan motor maupun tidak (gravitasi). Bahan harus mempunyai permukaan yang kaku dan minimal tiga roller harus mensuport beban terkecil pada setiap saat.

Sumber gambar (link)


4.       Chain Conveyor
Merupakan jenis sistem conveyor untuk memindahkan materi melalui lini produksi. Chain conveyor memanfaatkan susunan rantai (chain) bertenaga terus menerus, membawa serangkaian rantai tunggal. Susunan rantai digerakan oleh sebuah motor, dan bahan yang dipindahkan dipasang pada rangkaian rantai. Chain conveyor  digunakan untuk produk bergerak menelusuri jalur perakitan (assembly line) dan / atau sekitar fasilitas manufaktur atau pergudangan

sumber gambar : wikipedia

5.       Slat Conveyor
Hampir sama dengan penggunaan belt pada belt conveyor namun pada conveyor ini belt diganti dengan rangkaian papan yang terbuat dari bahan keras seperti logam, kayu, plastik yang disusun berbaris.
Sumber gambar (link)

Pemilihan slat conveyor atas ban berjalan karet padat sering ditentukan oleh jenis bahan yang ditangani dan dikemas. Misalnya, mereka digunakan ketika produk yang dikemas mungkin bisa merusak karet, ban berjalan yang keras. Ini akan mencakup benda dengan tepi tajam atau runcing di atasnya. Tergantung pada bahan dari mana mereka dibuat, mereka juga dapat digunakan dalam panas tinggi situasi di mana sabuk karet mungkin rusak.


6.       Belt Conveyor
Belt Conveyor adalah mesin pemindah bahan menggunakan sabuk karet (belt) yang tidak berujung, terdiri dari beberapa lapisan yang diperkeras dengan serat baja (fiber steel) dan atau kawat baja untuk menghasilkan kekuatan pada belt. Belt conveyor dapat digunakan untuk memindahkan muatan satuan (unit load) maupun muatan curah (bulk load) sepanjang garis lurus (horisontal) atau sudut inklinasi terbatas.

Modeling Belt Conveyor dengan menggunakan Inventor
Belt conveyor banyak digunakan oleh industri. Pada industri pengecoran digunakan untuk membawa dan mendistribusikan pasir cetak, membawa kayu potongan (chip) ke chipper dan mendistribusikan bubur kertas kering (bale pulp) pada industri kertas, memindahkan bijih batu bara pada unit pembangkit daya dan pertambangan batu bara, di antara langkah processing pada industri makanan, dan sebagainya.


7.       Magnectic Belt Conveyor

Belt yang terbuat dari baja maupun magnet digunakan untuk memindahkan bahan logam secara vertikal, naik turun, dan sekitar sudut.
Sumber gambar (Link)


8.       Throughed Belt Conveyor

Biasanya terdapat pada pabrik kertas atau industri tambang yang digunakan untuk memindahkan material curah (bulk materials)
sumber gambar (link)

9.     Bucket Conveyor

Digunakan untuk memindahkan material curah secarah vertikal atau lintasan mendaki. Timba (bucket) terpasang pada kabel, rantai, atau sabuk.

Bucket conveyor (elevator) sederhana. Sumber gambar (link)


10.   Vibrating Conveyor

Terdiri dari bak, alas, atau tabung. Menggetar pada frekuensi relatif tinggi dan amplitudo kecil untuk memindahkan unit produk satuan atau bahan curah. Dapat digunakan untuk memindahkan hampir semua benda-benda kecil.
Sumber gambar (Link)


11.   Screw Conveyor

Terdiri dari sebuah tabung atau frame penampang U  dilalui sebuah poros yang terpasang putaran helix untuk mendorong material  bebas ke depan atau arah miring.
Screw conveyor (wikipedia)


12.   Pneumatic Conveyor

Tekanan udara digunakan untuk memindahkan bahan melalui sebuah sistem pada tabung vertikal dan horsontal. Keuntuangan besar adalah bahan secara keseluruhan tertutup dan mudah untuk diterapkan gerak vertikal.
Sumber gambar (link)

13.   Vertical Conveyor

Digunakan untuk memindahkan barang secara vertikal yang frekuensi antara sebentar.
Sumber gambar (link)


14.   Cart On- Track Conveyor

Digunakan untuk memindahkan gerobak (carts) sepanjang lintasan. Gerobak digerakan dengan menggunakan tabung yang berotasi.
Sumber gambar (link)

15.   Tow Conveyor
Sesuai dengan namanya, conveyor ini menggunakan jalur eretan (towline) untuk meberikan daya ke roda pengangkut seperti truk, gerobak, dan kereta yang begerak sepanjang lantai yang digunakan untuk jalur transport permanen pengangkut.
Sumber gambar (link)
16.   Trolley Conveyor
Menggunakan serangkaian troli yang bergelantungan pada rel atas.
Sumber gambar (link)

17.   Power and Free Conveyor


Sumber gambar (link)

18.   Monorail

Hampir sama dengan dua conveyor sebelumnya, bedanya setiap troli atau angkutan diberi daya (elektrik atau pneumatik) atau tidak.


19.   Sortation Conveyor
Sortation dari kta sort berarti memisah-misahkan (memilah). Conveyor ini pun digunakan untuk mengumpulkan, mengidentifikasi, dan memisahkan produk untu dipindahkan ke tempat yang spesifik.

sumber gambar (link)


Daftar Pustaka :

http://www.ise.ncsu.edu/kay/mhetax/TransEq/Conv/
http://www.mhi.org/glossary?q=chute+conveyor&pb=1&fq=&sort=score+desc
http://materialhandlingequipment.easy2source.com/conveyor/chute-conveyors/
http://en.wikipedia.org/wiki/Chain_conveyor
http://www.materialhandlingsystems.co.in/slat-conveyors.html
http://www.mechanicalengineeringblog.com/tag/troughed-conveyor-belt-design/

0 comments:

About

Link List

Contact Details

Just Sharing Knowledge