Contact us: 123-444-5555

Mengubah line menjadi polyline


Salah satu hal yang mendasar yang yang harus diketahui seorang drafter atau pengguna AutoCAD adalah mengubah garis-garis (lines) menjadi sebuah satu kesatuan garis yang tidak terputus atau disebut dengan polyline.

Gambar sebuah bangunan (sembarang, apa saja boleh)  dengan menggunakan line. Misal bangunan yang saya gambar seperti ini. Setelah selesai, kemudian arahkan pointer mouse ke salah satu line. line yang dipilih akan terlihat berubah warna tanpa diikuti lines lainnya seperti gambar di bawah menunjukan garis-garis yang membentuk bangunan tersebut terpisah satu dengan yang lain)

klik salah satu garis yang berhubungan kemudian ketikan command "PE" kemudian tekan enter, kemudian muncul pertanyaan pada command bar "do you want to turn it into one?", ketik "Y" kemudian tekan enter. Setelah itu akan muncul perintah "enter an option", ketik huruf "J" untuk memilih "Join" kemudian tekan enter.
Kemudian command bar akan mengeluarkan perintah "select objects", di sini anda akan disuruh memilih garis-garis mana yang ingin dijadikan satu (polyline). Seleksi semua garis-garis yang membentuk bangunan tersebut, kemudian tekan enter.

Setelah itu , AutoCAD akan kembal mengeluarkan perintah "enter an option". Abaikan perintah ini karena garis-garis yang anda pilih sudah menjadi polyline. Cara mengeceknya, arahkan pointer mouse ke salah satu garis bangunan, maka garis yang dipilih bersama keselurahan garis-garis pada bangunan tersebut akan berubah warnyanya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, jangan sungkan bila ada pertanyaan.



1 comment:

  1. bagus bagus to ..
    buat aq bagus banget ini, biar gag lupa ilmu mesin soalnya kerja q di procurement .. heehehe thanks

    ReplyDelete

About

Link List

Contact Details

Just Sharing Knowledge